Senin, 01 Februari 2016

Pengertian Pertanian Dan Bentuk-Bentuk Pertanian

Pertanian sebagai kebutuhan pemasok utama makanan yang dikonsumsi oleh manusia setiap hari pasti memiliki peran penting bagi kemajuan suatu negara, terutama untuk negara-negara berkembang dengan tanah yang subur. Banyak orang yang tidak tahu apa arti dari pertanian secara luas? Tentu bagi sebagian orang hanya tahu jika pertanian berkaitan erat dengan mencangkul, menanam dan penyiraman. Untuk lebih jelas mengenai definisi penulis pertanian akan membahas dalam artikel ini.

Pengertian Pertanian


Pertanian dalam arti luas adalah kegiatan dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan makanan, bahan baku industri atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungannya.

Sedangkan pertanian dalam arti sempit adalah suatu proses becocok tanam di suatu lahan yang telah di siapkan sebelumnya dalam skala kecil pola perdagangan lokal,serta mengunakan cara manual tanpa terlalu banyak memakai menejemen.

Bentuk-Bentuk Pertanian

  • Sawah

Sawah adalah tanah yang digarap, dan diairi untuk tempat menanam padi. Untuk keperluan ini, sawah harus mampu menyangga genangan air lebih dari 50 cm(20 in) karena padi memerlukan penggenangan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air, sungai atau air hujan.



  • Tegalan ( Lahan Kering )

Tegalan adalah suatu daerah lahan kering yang sangat mengandalkan pengairan air hujan karena hanya air hujan sebagai pasokan kebutuhan air bagi tanaman, ditanami tanaman musiman atau tahunan dan terpisah dari lingkungan sekitar rumah. 

Tegalan pada umumnya berada pada daerah yang belum mengenal sistem pengairan irigasi atau daerah yang tidak memungkinkan untuk dibangun saluran irigasi dikarenakan permukaannya yang tidak selalu rata dan berada pada ketinggian 500 - 1.500 m di atas permukaan laut. 

Pada saat musim kemarau lahannya terlalu kering sehingga tidak ditanami disebabkan tidak adanya air yang mencukupi untuk mengairi lahan pertanian. Lahan kering sering ditanami tanaman pangan seperti jagung, padi gogo, sayur-sayuran, wortel, tanaman buah naga, nanas, singkong, ubi kayu, gandum, kacang-kacangan hingga labu-labuan.


  • Ladang Berpindah

ladang berpindah adalah suatu kegiatan pertanian yang di lakukan pada banyak lahan hasil pembukaan hutan atau semak belukar di mana setelah beberapa kali penen/ di tanami, maka tanah sudah tidak subur lagi sehingga perlu berpindah ke lahan lain yang subur sehingga lahan yang sudah lama di tinggalkan.

Kejadian ini berlangsung terus menerus, setelah jangka waktu 10 -  20 tahun, para petani ladang kembali lagi ke ladang yang pertama kali mereka buka.


  • Pekarangan

Pekarangan adalah areal tanah yang biasanya berdekatan dan menjadi bagian integral dari sebuah bangunan atau terkait dengan kepemilikan dalam suatu persil. Tanah ini dapat diplester, digunakan untuk berkebun, menanam bunga, atau kadang-kadang memiliki kolam. Pekarangan dapat berada di depan, belakang atau samping sebuah bangunan, tergantung seberapa besar sisa tanah yang tersedia pernah digunakan untuk bangunan utamanya.




0 komentar

Posting Komentar